Pages

Thursday 26 August 2010

Memori Hari Raya Idul Adha 2009

Semangat Idul Qurban Siswa-siswi PG&TK Kreatif Primagama

Anak-anak mengerumuni Pak Sholeh yang menggotong kambing

Gerimis yang turun pada Senin (30/11) pagi tidak menyurutkan semangat siswa-siswi Playgroup &TK Kreatif Primagama Cabang Yogya 2 di Jalan Kaliurang untuk merayakan Hari Raya Idul Adha bersama. Sejak pagi, seluruh siswa yang masih kecil tersebut antusias menyaksikan acara penyembelihan hewan kurban yang dilakukan oleh guru dan karyawan sekolah mereka. Tidak tampak rasa takut di wajah mereka. Sebaliknya, mereka dengan lantang mengucapkan takbir mengiringi acara penyembelihan.

Untuk menambah semarak suasana, siswa-siswi PG&TK Kreatif Primagama melakukan takbir keliling sekolah setelah acara penyembelihan. Keriuhan dan celoteh anak-anak bertambah ramai tatkala siswa TK menabuh drum mengiringi berkumandangnya takbir. Kegiatan dilanjutkan dengan membuat kolase dari kain perca batik di atas gambar kambing.

Siswa-siswi PG bersiap untuk takbir dengan rebana mereka

Tahun ini, PG&TK Kreatif Primagama menyembelih 5 ekor kambing. Tiga diantaranya diberikan langsung kepada masjid di daerah Kulon Progo, Berbah, dan Mlati, Sleman, sementara sisanya disembelih di sekolah dan dibagikan kepada warga sekitar. Menurut Kepala Sekolah PG&TK Kreatif Primagama, Umi Warsiyah, A.Md, kegiatan ini tidak hanya bersifat ritual keagamaan semata, namun lebih kepada menanamkan pemahaman anak mengenai qurban sejak dini. “Karena itu, materi mengenai Idul Adha, puasa, zakat, serta qurban telah kami ajarkan kepada siswa satu minggu penuh menjelang Hari Raya Idul Adha,” ungkapnya.

No comments:

Post a Comment